Wisata

Kota

Semua Kategori

Feature

Motivasi

» » Objek Wisata Pantai Cemara Indah Aceh

Objek Wisata Pantai Cemara Indah : Menikmati Suguhan Panorama Pesisir di Singkil Aceh

Tinjauan

Akhir pekan di Pantai Cemara Indah selalu ramai, masyarakat dari Kota Singkil dan sekitarnya menyempatkan diri untuk sekadar menikmati panorama di sini. Ternyata selain Kepulauan Banyak, pantai yang satu ini sayang sekali untuk dilewatkan.

Pantai Cemara Indah terletak di Desa Gosong Telaga, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singil, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Letaknya sekira 25 kilometer dari ibukota kabupaten dan 5 kilometer dari kecamatan. Sesuai dengan nama daerahnya, pantai ini juga sering disebut dengan Pantai Gosong Telaga atau Pantai Gostel.

Pemandangan yang disuguhkan masih asri, pasir-pasir putih di pinggiran pantai begitu bersih. Kumpulan pohon cemara rindang yang memagarinya tepat dijadikan tempat beristirahat dan melindungi Anda dari sengatan hari. Jika ingin suasana yang lebih santai, Anda bisa merebahkan tubuh di gazebo yang telah disediakan.

Pemerintah setempat terus mendandani Pantai Cemara Indah menjadi destinasi yang nyaman dan memikat. Berbagai fasilitas sudah dibangun, seperti tempat ibadah, kafe, warung-warung, lahan parkir dan tempat bermain anak. Belakangan juga dibangun waterboom yang sudah dinanti-nanti keberadaannya oleh pengunjung. Di kompleks kolam tersebut akan ada kolam bebek dan pondok berjualan agar pengunjung semakin betah.

Objek Wisata Pantai Cemara Indah Menikmati Suguhan Panorama Pesisir di Singkil Aceh

Kegiatan

Akses menuju Pantai Cemara Indah tidak sesulit mencapai Kepulauan Banyak. Oleh karena itu, destinasi ini cocok dihabiskan bersama keluarga dan anak-anak di akhir pekan. Buah hati bisa bebas bermain di waterboom maupun sepeda air yang terdapat di sana.

Nikmatilah Matahari terbenam lewat gazebo-gazebo yang sudah didirikan di tepi pantai, sambil menyeruput teh atau kopi yang bisa dipesan dari warung-warung di sekitar kawasan pantai.

Transportasi

Kabupaten Aceh Singkil lebih dekat dengan Medan daripada Banda Aceh. Jika menggunakan bus dari Banda Aceh, waktu yang ditempuh bisa sekira 12-15 jam dengan tarif Rp220 ribu rupiah. Akan tetapi, jika mencapainya dari Medan hanya membutuhkan waktu sekira 5 jam, dengan menggunakan angkutan umum (Kijang) dan tarifnya Rp110 ribu.

Jika ingin sampai lebih cepat di Singkil, baik Banda Aceh maupun Medan juga terhubung dengan pesawat Nusa Buana Air dan Susi Air. Bandara Udara Syekh Hamzah Fansyuri Singkil terletak di Desa Kampung Baru, Kecamatan Singkil Utara. Dari Singkil, Anda hanya perlu menaiki angkutan umum sekira 10-15 menit menuju Pantai Cemara Indah.

Kuliner

Singkil terkenal akan panganan olahan dari lokan, yaitu sejenis moluska yang ditangkap di pinggir laut. Makanan bertekstur kenyal ini bisa dijadikan rendang, disate, bahkan ada yang dicampur dengan pisang sebagai hidangan penutup mulut.

Lokan tidak hanya berkembang di Singkil, ini adalah makanan khas Melayu yang banyak juga berkembang di Tanah Minang. Jika ingin menyicip Lokan dan makanan tradisional lain di Singkil, Anda bisa berkeliling dan menemukan tempat-tempat di bawah ini:

Rumah Makan Melly
Jalan M. Taher Ujung Singkil
No Telepon: 0658-21453

Rumah Makan Sri Alam
Jalan Bidadari Simpang Pelabuhan, Pulo Sarok
No. Telepon:  085658004170

Kiniko Satu
Jalan Singkil-Rimo, Ketapang Indah, Singkil Utara
No. Telepon: 081533138277

Berbelanja

Gerai Endamo Singkil yang terletak Jalan Bahari No 51. Pulo Sarok menjual banyak cenderamata khas Singkil, diantaranya kaus, jam dinding, gantungan kunci maupun pin. Semuanya dibuat menggambarkan budaya dan tempat wisata di Kabupaten Aceh Singkil.

Tips

Anda sebaiknya menyewa motor atau mobil untuk berkeliling mencari kuliner khas maupun oleh-oleh di sekitar Pantai Cemara Indah.

Akomodasi

Anda bisa menginap di Singkil sehabis menikmati senja di Pantai Cemara Indah. Berikut ini beberapa hotel yang bisa Anda sewa.

Hotel Harmonis
Jalan Merdeka, Pasar Singkil
No. Telepon: 0658-21122
Harga kamar: Rp35-150 ribu

Hotel Bidadari
Jalan Bidadari Simpang Pelabuhan
No. Telepon: 081263621213
Harga kamar: Rp100-150 ribu

Island Hotel
Jalan Bahari, Pulo Sarok
No. Telepon: 081362218369
Harga kamar: Rp70-150 ribu

Hotel Alviya
Jalan Hamzah Fansuri
No. Telepon: 085664044354
Harga kamar: Rp130-210 ribu

Hotel Anak Laut
Jalan Singkil-Rimo, Pancang Dua, Singkil Utara
No. Telepon: 081534232713
Harga kamar: Rp150-200 ribu


Sumber : indonesia.travel
Objek Wisata Pantai Cemara Indah Menikmati Suguhan Panorama Pesisir di Singkil Aceh

Wahab Saputra

Linta5 Indonesia adalah blog yang berisi tentang Bahasa Indonesia, Berita Indonesia, Kuliner, Olah Raga, Pendidikan, Politik, Sejarah, Seni Budaya, dan objek wisata yang terdapat di Indonesia. "Linta5 Indonesia" juga merupakan wujud kecintaan saya kepada tanah air Indonesia...dan dengan semoga blog ini menginspirasi kita semua untuk mencintai Indonesia
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Select Menu